RPP BIOLOGI SMA: KINGDOM PROTISTA
Pertemuan II (Siklus 2)
Sekolah :
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Biologi
Waktu : 4 x 45menit
Standar Kompetensi :2. Memahamiprinsip-prinsippengelompokanmakhluk
hidup
Kompetensi Dasar :2.3 Menyajikanciri-ciriumumfilumdalam kingdom
Protista danperanannyabagikehidupan
Indikator
Kognitif:
a. Produk
1. Mendeskripsikanciri-ciriumumfilumdalamkelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang).
2. Menyebutkan 3 contohspesiesdarimasing-masingfilumdalamkelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang).
3. Menyebutkan 4peranankelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang) bagikehidupan.
b. Proses :
4. Melengkapi LKS denganmelakukanstudipustakamengenaiciri-ciriumumfilumdalam kingdom Protista danperanannyabagikehidupan.
c. Psikomotor :
5. Terampildantelitidalampenelusuranpustaka, diskusikelompokdanpresentasimengenaiciri-ciriumumfilumdalam kingdom Protista danperanannyabagikehidupan.
Afektif:
a. Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: jujur dalam mengenai apabila guru bertanya apakah sudah di pahami materinya kalau belum harus mengatakan belum, peduli apabila ada teman yang meminta penjelasan tentang materi yang belum dimengerti, bertanggung jawab atas tugas yang diberiakan guru maupun dalam kelompok, bekerja sama dalam menjawab soal yang sulit, terbuka dan dan mendengar pendapat teman pada saat diskusi kelompok maupun diskusi kelas.
b. Keterampilan Sosial
Menunjukkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya dengan sopan kepada guru maupun teman apabila ada materi yang belum di mengerti, menyumbangkan ide pada saat guru maupun teman meminta ide, komunikasi yang santun terhadap guru maupun teman pada saat bertanya maupun berdiskusi , menjadi pendengar yang baik pada saat guru memberikan pengarahan atau materi maupun teman pada saat teman memberikan ide dan diskusi dalam kelompok, dan tidak mencela pendapat teman pada saat teman memberikan ide atau jawaban, yang lain sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
A. KegitanPembelajaran
Kognitif:
a. Produk
Setelah proses pembelajaranselesai, diharapkan siswa akan dapatmemiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Menjelaskanciri-ciri 3umumfilumdalamkelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang).
2. Menjelaskanreproduksifilumdalamkelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang).
3. Menyebutkan 3 contohspesiesdarimasing-masingfilumdalamkelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang).
4. Menyebutkan 4peranankelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang) bagikehidupan.
b. Proses :
5. Diberikan LKS Biologi SMA,Siswadiharapkandapatmenjelaskanciri-ciriumum, contohspesiesdanperananbagikehidupandarimasing-masingfilumdalam kingdom Protista berdasarkanstudipustaka.
c. Psikomotor :
6. Siswadiharapkandapat terampildantelitidalampenelusuranputaka, diskusikelompokdanpresentasimengenaicirri-ciriumum, contohspesiesdanperananbagikehidupandarimasing-masingfilumdalamkingdom Protistapadasaatmengerjakan LKS Biologi SMA dandiskusikelompok.
Afektif
a. Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: jujur dalam mengenai apabila guru bertanya apakah sudah di pahami materinya kalau belum harus mengatakan belum, peduli apabila ada teman yang meminta penjelasan tentang materi yang belum dimengerti, bertanggung jawab atas tugas yang diberiakan guru maupun dalam kelompok, bekerja sama dalam menjawab soal yang sulit, terbuka dan dan mendengar pendapat teman pada saat diskusi kelompok maupun diskusi kelas.
b. Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: bertanya dengan sopan kepada guru maupun teman apabila ada materi yang belum di mengerti, menyumbangkan ide pada saat guru maupun teman meminta ide, komunikasi yang santun terhadap guru maupun teman pada saat bertanya maupun berdiskusi , menjadi pendengar yang baik pada saat guru memberikan pengarahan atau materi maupun teman pada saat teman memberikan ide dan diskusi dalam kelompok, dan tidak mencela pendapat teman pada saat teman memberikan ide atau jawaban, yang lain sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
B. Model dan Media Pembelajaran:
1. Model :Pembelajaran Kooperatiftipe STAD (Student Team
Achievement Division)
2. Metode :Penyampaian informasi, Tanya jawab, Penugasan, Diskusi
kelompok,dan Presentasikelompok.
3. Media :Slide power point, Animasi, LP, LKS, Leptop,dan LCD.
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pembukaan (± 10 menit)
Kegiatan Fasedanwaktu
fase waktu
Guru mengingatkan materi sebelumnya mengenai materiprotista mirip hewan (Protozoa), dengan bertanya “protozoa itu apa?” “dimanatempat hidup protozoa?” “sebutkan klasifikasi protozoa berdasarkan alat geraknya?”. Kemudian memotivasi siswa dengan bertanya “makhluk hidup apa yang dapat melakukan fotosintesis?”.
Pada proses tersebut, siswa diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun, menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain. Tanya jawab bertujuan untuk mengarahkan siswa pada tujuan pembelajaran yang meliputi: kognitif, psikomotor, dan afektif. Guru mengakhirinya dan mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Apersepsidanmotivasi)
Fase 1
10 menit
Inti (± 75 menit)
Kegiatan Fasedanwaktu
fase waktu
Guru menyampaikan materi dengan bantuan media slide power pointmengenai ciri-ciri protista mirip tumbuhan, reproduksi, contoh spesies dan peranan protista mirip tumbuhan bagi manusia secara garis besarnya.
Mengorganisasikan siswa dalam 5 kelompok kooperatif. Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas yang berbedasesuaidenganurutankelompok. Guru membagikan LKS SMA kegiatan 1 pada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS
Guru kemudian membimbing siswa dalam mengerjakan LKS SMA.Diharapkanpadasaat kerja kelompok, setiap anggotadapatmemberikansumbangan ide pada anggota kelompok lainnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai pendapat temannya, berbagi kesempatan, mendengarkan pendapat teman.
Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya.
Guru memberikan penghargaan kepada tiap kelompok yang berkinerja baik dan sangat baik dalam kegiatan yang telah dilakukan Fase 2
Fase 3
Fase 4
Fase 5
Fase 6
75 menit
Penutup (± 5 menit)
Kegiatan Fasedanwaktu
fase waktu
Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang protista mirip tumbuhan
Fase 7 5
6 5 menit
D. SumberPembelajaran
1. Bukusiswa: Mohamad Amin, 2009, Biologi SMA/MA kelas X. Jakarta: BumiAksara (bailmu).
2. LKS siswa: pemerintahkota Makassar. Dinaspendidikankota Makassar. MGMP.
E. Penilaian
1. Ujikompetensitertulis
F. Materi Pembelajaran:
Protista Mirip Tumbuhan (Alga/Ganggang)
Pengelompokan filum dalam kelompok ini berdasarkan pigmen dominannya.
o Filum Chlorophyta (Alga Hijau)
Ciri utamanya yaitu mempunyai pigmen dominan yaitu Hijau yang berisi klorofil a, b dan tambahan karoten dan xantofil. Misalnya : Ulva lactuca, Spirogyra, Chorella dan Chara
o Filum Chrysophyta (Alga Keemasan)
Ciri-ciri utamanya yaitu pigmen dominannya Keemasan (Karoen) dan klorofil a dan cserta tambahan fukosantin. Misalnya : Diatomae
o Filum Rhodophyta (Alga Merah)
Memiliki pigmen dominant merah (fikoeritrin), dan klorofil a dan d dan tambahn karoten dan fikosianin. Misalnya : Eucheuma spinosum, Gellidium
pusillum dan Gracilaria textorii.
o Filum Phaeophyta (Alga Coklat)
Pigmen yang paling dominan pada Phaeophyta adalah fukosantin atau warna
cokelat dan, klorofil a, klorofil c, dan santofil. Misalnya : Sargassum, Laminaria, Turbinaria, dan Fucus vesiculosus.
Peranan Alga/Ganggang
o Ganggang hijau merupakan sumber fitoplanton yang digunakan sebagai pakan ikan dan hewan air lainnya.
o Ganggang cokelat (Macrocrytis pyrifera) mengandung yodium yang mengandung Na, P, N, dan Ca yang dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk hewan ternak.
o Ganggang cokelat yang mengandung asam alginat dapat dimanfaatkan sebagai pengental produk alat-alat kecantikan (Laminaria, Macrocystis, Ascophylum, dan Fucus).
o Ganggang merah dapat dimanfaatkan untuk makanan suplemen kesehatan (Porphyra),danpembuatan agar (Gellidium), seratpenghasil karagenan (pengental es krim).
o Dinding sel diatom mengandung zat kersik sehingga berguna bagi industri, seperti bahan penggosok, penyaring, industry kaca, dan bahan isolasi.
Nama/kelompok: kelas: Tanggal:
LKS KegitanI : Protista MiripTumbuhan
Tujuan :
1. Menjelaskanciri-ciri 3umumfilumdalamkelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang).
2. Menyebutkan 3 contohspesiesdarimasing-masingfilumdalamkelompok Protista miripTumbuhan (Alga/Ganggang).
3. Menyebutkan 4peranankelompok Protista miripTumbuhan (Algae/Ganggang) bagikehidupan.
Petunjuk : Bacalah buku paket dan buku yang relevan, berkaitan dengan tujuan
pembelajaran dan lengkapilah soal-soal di bawah ini
Pertanyaan :
1. Perhatikangambardibawahini :
a. Apakahnamaspesies di atasdanTermasukkedalamfilumapa? (berdasarkangambar)
b. JelaskanCirikhususapa yangdimilikidarifilumdiatas ?
2. Perhatikangambardibawahini :
a. ApakahnamaspesiesdiatasdanTermasukkedalamfilumapa? (berdasarkangambar)
b. JelaskanCiri khusus apa yang dimiliki dari filum diatas ?
3. Perhatikangambardibawahini :
a. Apakahnamaspesies di atasdanTermasukdalamfilumapa ? (berdasarkangambar)
b. JelaskanCiri khusus apa yang dimiliki dari filum diatas ?
4. Perhatikangambardibawahini :
a. Apakahnamaspesies di atasdanTermasukdalamfilumapa ? (berdasarkangambar)
b. Cirikhususapa yang dimilikidarifilumdiatas ?
5. Tuliskanperanandarimasingmasingfilum Protista miriptumbuhan (alga) bagikehidupan
Jawaban LKS Kegitan I: Protista MiripTumbuhan
Latihan I
1. a. Termasuk dalam filum Chlorophyta (Alga hijau)
b . Ciri khusus dari filum Chlorophyta yaitu mempunyai pigmen dominan
yaitu Hijau yang berisi klorofil a, b dan tambahan karoten dan xantofil
2. a. Termasuk dalam filum Chrysophyta (Alga keemasan)
b. Ciri khusus dari filum Chrysophyta yaitu pigmen dominannya Keemasan
(Karoten) dan klorofil a dan cserta tambahan fukosantin.
3.a. Termasuk dalam filum Rhodophyta (Alga Merah)
b. Ciri khusus dari filum Rhodophyta yaitu memiliki pigmen dominan merah
(fikoeritrin),dan klorofil a dan d karoten, fikosianin.
4. .a. Termasuk dalam filum Phaeophyta (Alga Coklat)
b. Ciri khusus dari filum Phaeophyta yaitu Pigmen yang paling dominan pada
Phaeophyta adalah fukosantin atau warna cokelat dan, klorofil a, klorofil c,
dan santofil
5. Peranan protista mirip tumbuhan yaitu :
Ganggang hijau merupakan sumber fitoplanton yang digunakan sebagai pakan ikan dan hewan air lainnya. Dapat dikatakan bahwa pada ekosistem perairan, ganggang hijaulah yang merupakan produsen bagi hewan-hewan air lainnya.
Ganggang cokelat (Macrocrytis pyrifera) mengandung yodium yang mengandung Na, P, N, dan Ca yang dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk hewan ternak. Selain itu, ganggang cokelat yang mengandung asam alginat dapat dimanfaatkan sebagai pengental produk makanan, industri, dan alat-alat kecantikan (Laminaria, Macrocystis, Ascophylum, dan Fucus).
Ganggang merah dapat dimanfaatkan untuk makanan suplemen kesehatan (Porphyra), sumber makanan (Rhodymenia palmata), pembuatan agar (Gellidium), dan penghasil karagenan (pengental es krim).
Dinding sel diatom mengandung zat kersik sehingga ganggang keemasan sering disebut juga ganggang kersik. Zat kersik ini sangat berguna bagi industri, seperti bahan penggosok, penyaring, industry kaca, dan bahan isolasi.
Kunci LP 1: Proses
Prosedur:
Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
Format Asesmen Kinerja Proses
No Nama Siswa Aspek Penilaian Skor Nilai Indikator yang dinilai
1a 1b 1c
1 A. 1. Diberikan LKS Biologi SMA, siswa diharapkan dapat menjelaskan ciri-ciri umum, contoh spesies dan peranan bagi kehidupan dari masing-masing filum dalam kingdom Protista berdasarkan studi pustaka.
a. Terampil dalam mencari literatur dari berbagai sumber
b. Terampil dalam penulisan literatur yang diperoleh
c. Trampilmenjelaskanmateri yang diperoleh
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
Makassar, Oktober 2012
Pengamat
(.................................)
Kunci LP 2 : Psikomotor
Prosedur:
Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No Nama Siswa Aspek Penilaian Skor Nilai Indikator yang dinilai
2a 2b 2c 2d 2e 2f
1 2. Siswa diharapkan dapat terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka, diskusi kelompok dan presentasi mengenai ciri-ciri umum, contoh spesies dan peranan bagi kehidupan dari masing-masing filum dalam kingdom Protista pada saat mengerjakan LKS Biologi SMA dan diskusi kelompok.
a. Terampil dalam penelusuran pustaka
b. Teliti dalam penelusuran pustaka
c. Aktif dalam diskusi kelompok
d. Aktif dalam diskusi kelas
e. Bertanya ketika belum mengerti materi pelajaran
f. Mandiri dan bertanggung jawab
Keterangan:
1 = kurangsekali
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = baiksekali
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
N = SkorPerolehan x 100
SkorMaksimal
34
35
36
37
38
Makassar, Oktober 2012
Pengamat
(.................................)
LP 3: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
No Nama Siswa Aspek Penilaian Skor Nilai RincianTugasKinerja
(RTK)
1 2 3 4 5
1 1. Jujur
2. Peduli
3. Tanggungjawab
4. Bekerjasama
5. Terbuka danmendengarkanpendapatteman
Pedomanpenilaian:
1. Skor 80 – 100 = tinggi
2. Skor 60 – 79 = sedang
3. Skor 40 – 59 = rendah
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
Makassar, Oktober 2012
Pengamat
(.................................)
LP 4 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No Nama Siswa Aspek Penilaian Skor Nilai RincianTugasKinerja
(RTK)
1 2 3 4 5
1 1. Bertanya
2. Menyumbang ide ataupendapat
3. Menjadipendengar yang baik
4. Tidakmencelapendapatteman
Pedomanpenilaian:
1. Skor 80 – 100 = tinggi
2. Skor 60 – 79 = sedang
3. Skor 40 – 59 = rendah
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
Makassar, Oktober 2012
Pengamat
(.................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar