RPP BIOLOGI: ARCHAEBAKTERIA DAN EUBACTERIA
Sekolah :
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Biologi
Waktu :
4 x 45 menit
Standar Kompetensi:
2.
Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar:
2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri
Archaebakteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan.
Indikator:
Kognitif:
a.
Produk
1.
Menyebutkan
ciri-ciri Eubacteria dan Archaebakteria
2.
Menjelaskan
cara perkembangbiakan bakteri
3.
Menjelaskan peranan bakteri dalam
kehidupan manusia.
4.
Menjelaskan ciri-ciri Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
5.
Menjelaskan cara reproduksi Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
6.
Menjelaskan peranan Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
b.
Proses
7.
Mengkaji literatur mengenai ciri
dan perkembangbiakan bakteri untuk melengkapi LKS SMA kegiatan 2.
8.
Mengkaji literatur mengenai ciri
dan perkembangbiakan alga hijau-biru (Cyanobakteri)
untuk melengkapi LKS SMA kegiatan 3.
c.
Psikomotor
9.
Terampil dan teliti dalam
penelusuran pustaka dan diskusi kelompok mengenai ciri dan perkembangbiakan
bakteri.
10. Terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka dan diskusi kelompok
mengenai ciri dan perkembangbiakan alga
hijau-biru.
Afektif:
a.
Karakter
Teliti,
peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka, dan mendengarkan pendapat teman.
b. Keterampilan
Sosial
Terampil, bertanya, menyumbang
ide, berpendapat, dan komunikasi.
A. Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
a.
Produk
1.
Siswa
mampu menjelaskan ciri-ciri Eubacteria
dan Archaebakteria.
2.
Siswa
mampu menjelaskan caraPerkembangbiakan bakteri.
3.
Siswa
mampu menjelaskan peranan bakteri dalam kehidupan manusia.
4.
Siswa
mampu menjelaskan ciri-ciri Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
5.
Siswa
mampu menjelaskan cara reproduksi Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
6.
Siswa
mampu menjelaskan peranan Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
b.
Proses
7.
Siswa
mampu mengkaji literatur mengenai ciri dan
perkembangbiakan bakteri dari buku
cetak dan internet untuk melengkapi LKS SMA kegiatan 1.
8.
Siswa mampu mengkaji literatur
mengenai ciri dan perkembangbiakan alga hijau-biru (Cyanobakteri) dari buku cetak dan internet untuk melengkapi LKS SMA
kegiatan 3.
c.
Psikomotor
9.
Siswa
mampu terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka dan
diskusi kelompok mengenai ciri dan perkembangbiakan bakteri.
10. Siswa mampu terampil dan
teliti dalam penelusuran pustaka dan diskusi kelompok mengenai ciri dan
perkembangbiakan alga hijau-biru.
Afektif
a.
Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan
dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: jujur, teliti, sopan,
peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat
teman.
b.
Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan
dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: ketrampilan, bertanya, menyumbang ide, atau berpendapat, dan mampu menjalin komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan
keterampilan sosial.
B. Model Pembelajaran
1. Model: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
2. Metode: ceramah, diskusi
kelompok, dan tanya jawab.
3.
Media
: Lembar kerja,
laptop, LCD, dan slide power point.
C. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2 x 45 menit)
Pembukaan (± 5 menit)
Kegiatan
|
Fase dan waktu
|
|
Fase
|
waktu
|
|
Guru
memberikan apersepsi materi sebelumnya mengenai
Virus, dengan bertanya “apa saja yang menjadi ciri-ciri virus?” “virus
dibedakan menjadi berapa kelompok?” “bagaimana cara virus menggandakan
dirinya?” lalu guru memotivasi siswa dengan bertanya
kepada siswa “pernahkah kalian
minum Yoghurt atau Yakult?” “Bagaimanakah rasanya?” “ada
yang tahu, kira-kira yang membuat rasanya seperti itu?”
Dalam proses
tersebut, siswa diharapkan menyumbang ide atau pendapat, sementara
siswa lain menghargai
pendapat temannya dan
terbuka ketika mendengarkan pendapat teman, serta tidak mencela
pendapat teman dengan kasar. Kemudian guru mengarahkan jawaban siswa pada konsep Eubakteria dan Archaebakteria.
|
Fase 1
|
5 menit
|
Inti (± 75 menit)
Kegiatan
|
Fase dan waktu
|
|
fase
|
waktu
|
|
Guru menampilkan
tujuan pembelajaran kepada siswa lewat
slide power point mengenai ciri-ciri eubacteria dan archaebakteria, serta bentuk-bentuk dari
bakteri.
|
Fase 1
Fase 2
Fase 3
Fase 4
Fase 5
|
75 menit
|
Melalui slide power
point guru menjelaskan materi mengenai
ciri-ciri eubacteia dan archeobakteria,
bentuk-bentuk bakteri, cara reproduksinya dan peranan bakteri dalam
kehidupan.
|
||
Guru menugaskan siswa
untuk mengerjakan LKS yang
telah disiapkan sebelumnya.
|
||
Melakukan evaluasi formatif dengan menunjuk
beberapa siswa untuk menjawab pertannyaan yang ada di LKS.
|
||
Guru memberikan penghargaan kepada tiap orang yang berkinerja baik dan sangat baik
dalam kegiatan yang telah dilakukan.
|
Penutup (±10 menit)
Kegiatan
|
Fase dan waktu
|
|
fase
|
waktu
|
|
Guru membimbing siswa
untuk membuat ringkasan tentang materi yang telah
diajarkan kemudian guru memberikan tugas rumah berupa mempelajari materi yang
akan diajarkan berikutnya.
|
Fase 6
|
10 menit
|
Pertemuan
kedua (2 x 45 menit)
Pembukaan (± 10 menit)
Kegiatan
|
Fase dan waktu
|
|
fase
|
waktu
|
|
Guru
memberikan apersepsi tentang
materi
sebelumnya mengenai Eubacteria dan Archaebakteria,
dengan bertanya “apa saja yang menjadi ciri-ciri
eubacteria dan archaebakteria?”,
“bagaimana perkembangbiakan bakteri?”
kemudian guru memotivasi siswa dengan bertanya kepada
siswa “pernahkah kalian melihat
di tembok rumah kalian ada yang seperti lumut, tapi jika mengering mengelupas
seperti kerak?” “kira-kira yang seperti itu termasuk lumut atau organisme
lain?”
Dalam proses
tersebut, siswa diharapkan menyumbang ide atau pendapat, menghargai pendapat temannya, terbuka ketika
mendengarkan pendapat teman,
serta tidak mencela pendapat teman. Kemudian guru mengarahkan jawaban siswa pada konsep Alga hijau-biru (Cyanobacteria).
|
Fase 1
|
10 menit
|
Inti (± 70 menit)
Kegiatan
|
Waktu dan fase
|
|
fase
|
||
Guru menampilkan tujuan pembelajaran kepada
siswa lewat slide power point mengenai ciri-ciri alga hijau-biru, Perkembangbiakan
alga hijau-biru, dan Peranan alga hijau-biru dalam kehidupan manusia.
|
Fase 1
Fase 2
Fase 3
|
70 menit
|
Melalui slide
power point guru menjelaskan mengenai ciri-ciri alga hijau biru, perkembangan
alga hijau biru, dan peranan alga hijau biru.
|
||
Guru memberikan tugas
terkait materi yang telah dipelajari, dengan menginstruksikan menjawab LKS
kegiatan 3.
|
||
Membimbing siswa
mengerjakan tugas yang telah dibagikan. Diharapkan pada saat bekerja, setiap
siswa mampu menghargai teman lain yang sedang mengerjakan tugas, dan
memperlihatkan sifat jujur dan percaya diri.
|
Fase 4
Fase 5
Fase 6
|
|
Melakukan evaluasi formatif dengan
meminta siswa membacakan jawaban dai tugas yang telah diberikan.
|
||
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berkinerja baik dan sangat baik
dalam kegiatan yang telah dilakukan.
|
Penutup (±10 menit)
Kegiatan
|
Fase dan waktu
|
|
fase
|
waktu
|
|
Guru membimbing siswa
untuk membuat ringkasan tentang materi yang telah diajarkan kemudian guru memberikan tugas rumah berupa mempelajari materi yang
akan diajarkan berikutnya.
|
Fase 7
|
10 menit
|
D.
Sumber Pembelajaran
·
Buku
siswa: Mohamad Amin. 2009. Biologi
SMA/MA kelas X. Jakarta: Bumi Aksara bailmu.
·
LKS siswa:
pemerintah kota Makassar. Dinas pendidikan kota Makassar . MGMP.
E. Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan bakteri
·
Uji
kompetensi tertulis
F. Materi Esensial
Bakteri dan Archaebakteri
a.
Ciri-ciri Eubacteria dan Archaebakteria
Ciri Archaebakteria
-
Sel bersifat prokaryotik.
-
Lipida pada membran sel bercabang.
-
Tidak memiliki mitokondria,
retikulum endoplasma, badan golgi, dan lisosom.
-
Habitat di lingkungan bersuhu
tinggi, bersalinitas tinggi, dan asam.
-
Berukuran 0,1 µm
sampai 15 µm, dan beberapa ada yang berbentuk filamen dengan panjang
200 µm.
-
Dapat diwarnai dengan pewarnaan
Gram.
Ciri Eubacteria
-
Bersel
tunggal, prokariotik, tidak berklorofil.
-
Bersifat
heterotrof.
-
Ukuran
tubuh 1 - 5 mikron.
-
Reproduksi
vegetatif dengan membelah diri dan generatif dengan paraseksual.
-
Adaptasi terhadap
lingkungan buruk membentuk endospora.
b. Perkembangbiakan bakteri.
-
Reproduksi bakteri pada umumnya
aseksual, yaitu dengan pembelahan biner dari satu bakteri membelah menjadi 2 dan seterusnya.
-
Reproduksi
secara seksual tidak terjadi pada bakteri, tetapi terjadi pemindahan materi
genetik dari satu bakteri ke bakteri lain tanpa menghasilkan zigot. Peristiwa
ini disebut paraseksual.
1) Transformasi, perpindahan sedikit materi genetik atau DNA
bahkan hanya satu gen saja ke bakteri lain dengan proses fisiologis yang
kompleks.
2) Konjugasi, bergandengnya dua bakteri dengan membentuk
jembatan untuk pemindahan materi genetik.
3) Transduksi, pemindahan materi genetik dengan perantaraan
virus.
c.
Peranan bakteri dalam kehidupan manusia.
Bakteri yang
menguntungkan:
1)
Lactobacillus casei dan Lactobacillus
bulgaricus, untuk membuat yoghurt.
2)
Acetobacter xylinum, untuk membuat nata de coco.
3)
Acetobacter sp, untuk membuat asam cuka.
4)
Streptococcus lactis, untuk membuat mentega.
5)
Lactobacillus sp untuk membuat terasi.
Bakteri yang
merugikan:
1) Clostridium
tetani penyebab penyakit Tetanus.
2)
Diplococcus pneumoniae penyebab penyakit Pneumonia.
3)
Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit TBC.
4)
Mycobacterium leprae penyebab penyakit Lepra.
Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
d. Ciri-ciri Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
Ciri umumnya berupa prokariotik, klorofil tidak dalam kloroplas dan
memiliki fikosianin.
e. Reproduksi Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
Alga hijau-biru dapat bereproduksi dengan pembelahan biner, fragmentasi,
dan pembentukan spora.
f.
Peranan Cyanobakteria (Alga
hijau-biru).
Alga hijau-biru yang menguntungkan:
1)
Pengikat
nitrogen bebas
2)
Sebagai
bahan makanan
Alga hijau-biru yang merugikan:
1) Beberapa alga hijau-biru yang hidup di air ada
yang mengeluarkan racun.
2) Dapat tumbuh di tembok dan batu sehingga tembok
dan batu lapuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar