Welcome to my blog

Senin, 01 Oktober 2012

RPP BIOLOGI: ARCHAEBAKTERIA DAN EUBACTERIA


RPP BIOLOGI: ARCHAEBAKTERIA DAN EUBACTERIA

Sekolah                   
Kelas/Semester       : X/1
Mata Pelajaran       : Biologi
Waktu                      : 4 x 45 menit


Standar Kompetensi:
                                                  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar:
         2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebakteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan.
Indikator:
Kognitif:
a.      Produk
1.      Menyebutkan ciri-ciri Eubacteria dan Archaebakteria
2.      Menjelaskan cara  perkembangbiakan bakteri
3.      Menjelaskan peranan bakteri dalam kehidupan manusia.
4.      Menjelaskan ciri-ciri Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
5.      Menjelaskan cara reproduksi Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
6.      Menjelaskan peranan Cyanobakteria (Alga hijau-biru).

b.      Proses
7.      Mengkaji literatur mengenai ciri dan perkembangbiakan bakteri untuk melengkapi LKS SMA kegiatan 2.
8.      Mengkaji literatur mengenai ciri dan perkembangbiakan alga hijau-biru (Cyanobakteri) untuk melengkapi LKS SMA kegiatan 3.

c.       Psikomotor
9.      Terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka dan diskusi kelompok mengenai ciri dan perkembangbiakan bakteri.
10.  Terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka dan diskusi kelompok mengenai ciri dan perkembangbiakan alga hijau-biru.


 Afektif:
a.      Karakter
Teliti, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka, dan mendengarkan pendapat teman.
b.      Keterampilan Sosial
Terampil, bertanya, menyumbang ide, berpendapat, dan komunikasi.
A.     Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
a.    Produk
1.      Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri  Eubacteria dan Archaebakteria.
2.      Siswa mampu menjelaskan caraPerkembangbiakan bakteri.
3.      Siswa mampu menjelaskan peranan bakteri dalam kehidupan manusia.
4.      Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
5.      Siswa mampu menjelaskan cara reproduksi Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
6.      Siswa mampu menjelaskan peranan Cyanobakteria (Alga hijau-biru).

b.      Proses
7.      Siswa mampu mengkaji literatur mengenai ciri dan perkembangbiakan bakteri dari buku cetak dan internet untuk melengkapi LKS SMA kegiatan 1.
8.      Siswa mampu mengkaji literatur mengenai ciri dan perkembangbiakan alga hijau-biru (Cyanobakteri) dari buku cetak dan internet untuk melengkapi LKS SMA kegiatan 3.

c.       Psikomotor
9.      Siswa mampu terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka dan diskusi kelompok mengenai ciri dan perkembangbiakan bakteri.
10.  Siswa mampu terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka dan diskusi kelompok mengenai ciri dan perkembangbiakan alga hijau-biru.
Afektif
a.         Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: jujur, teliti, sopan, peduli, tanggung jawab,  bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman.

b.         Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: ketrampilan, bertanya, menyumbang ide, atau berpendapat, dan mampu menjalin komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
B.     Model Pembelajaran
1.      Model: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
2.      Metode: ceramah, diskusi kelompok, dan tanya jawab.
3.      Media : Lembar kerja, laptop, LCD, dan slide power point.
C.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Pembukaan (± 5 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
Fase
waktu
Guru memberikan apersepsi materi sebelumnya mengenai Virus, dengan bertanya “apa saja yang menjadi ciri-ciri virus?” “virus dibedakan menjadi berapa kelompok?” “bagaimana cara virus menggandakan dirinya?” lalu guru memotivasi siswa dengan bertanya kepada siswa “pernahkah kalian minum Yoghurt atau Yakult?” “Bagaimanakah rasanya?” “ada yang tahu, kira-kira yang membuat rasanya seperti itu?”

Dalam  proses  tersebut,  siswa  diharapkan menyumbang ide  atau pendapat,  sementara  siswa  lain menghargai pendapat  temannya  dan  terbuka  ketika  mendengarkan  pendapat teman, serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar. Kemudian guru mengarahkan jawaban siswa pada konsep Eubakteria dan Archaebakteria.





Fase 1





5 menit

 Inti (± 75 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
fase
waktu
Guru menampilkan tujuan pembelajaran kepada siswa lewat slide power point mengenai ciri-ciri eubacteria dan archaebakteria, serta bentuk-bentuk dari bakteri.
Fase 1



Fase 2


Fase 3


Fase 4



Fase 5







75 menit
Melalui slide power point  guru menjelaskan materi mengenai ciri-ciri eubacteia dan archeobakteria,  bentuk-bentuk bakteri, cara reproduksinya dan peranan bakteri dalam kehidupan.
Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan LKS  yang telah disiapkan sebelumnya.
Melakukan evaluasi formatif dengan menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertannyaan yang ada di LKS.
Guru memberikan penghargaan kepada tiap orang yang berkinerja baik dan sangat baik dalam kegiatan yang telah dilakukan.
Penutup (±10 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
fase
waktu
Guru membimbing siswa untuk membuat ringkasan tentang materi yang telah diajarkan kemudian guru memberikan tugas rumah berupa mempelajari materi yang akan diajarkan berikutnya.

Fase 6

10 menit

 Pertemuan kedua (2 x 45 menit)
Pembukaan (± 10 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
fase
waktu
Guru memberikan apersepsi tentang materi sebelumnya mengenai Eubacteria dan Archaebakteria, dengan bertanya “apa saja yang menjadi ciri-ciri eubacteria dan archaebakteria?”, “bagaimana perkembangbiakan bakteri?” kemudian guru memotivasi siswa dengan bertanya kepada siswa “pernahkah kalian melihat di tembok rumah kalian ada yang seperti lumut, tapi jika mengering mengelupas seperti kerak?” “kira-kira yang seperti itu termasuk lumut atau organisme lain?”

Dalam  proses  tersebut,  siswa  diharapkan menyumbang ide  atau pendapat,  menghargai pendapat  temannya, terbuka  ketika  mendengarkan  pendapat teman, serta tidak mencela pendapat teman. Kemudian guru mengarahkan jawaban siswa pada konsep Alga hijau-biru (Cyanobacteria).
Fase 1
10 menit
Inti (± 70 menit)
Kegiatan
Waktu dan fase
fase

Guru menampilkan tujuan pembelajaran kepada siswa lewat slide power point mengenai ciri-ciri alga hijau-biru, Perkembangbiakan alga hijau-biru, dan Peranan alga hijau-biru dalam kehidupan manusia.
Fase 1




Fase 2


Fase 3








70 menit
Melalui slide power point guru menjelaskan mengenai ciri-ciri alga hijau biru, perkembangan alga hijau biru, dan peranan alga hijau biru.
Guru memberikan tugas terkait materi yang telah dipelajari, dengan menginstruksikan menjawab LKS kegiatan 3.
Membimbing siswa mengerjakan tugas yang telah dibagikan. Diharapkan pada saat bekerja, setiap siswa mampu menghargai teman lain yang sedang mengerjakan tugas, dan memperlihatkan sifat jujur dan percaya diri.
Fase 4




Fase 5


Fase 6

Melakukan evaluasi formatif dengan meminta siswa membacakan jawaban dai tugas yang telah diberikan.
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berkinerja baik dan sangat baik dalam kegiatan yang telah dilakukan.
Penutup (±10 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
fase
waktu
Guru membimbing siswa untuk membuat ringkasan tentang materi yang telah diajarkan kemudian guru memberikan tugas rumah berupa mempelajari materi yang akan diajarkan berikutnya.

Fase 7

10 menit

D.   Sumber Pembelajaran
·        Buku siswa: Mohamad Amin.  2009. Biologi SMA/MA kelas X. Jakarta: Bumi Aksara bailmu.
·        LKS siswa: pemerintah kota Makassar. Dinas pendidikan kota Makassar . MGMP.
E.   Penilaian
·        Laporan hasil pengamatan bakteri
·        Uji kompetensi tertulis
 F.    Materi Esensial
Bakteri dan Archaebakteri
a.      Ciri-ciri Eubacteria dan Archaebakteria
Ciri Archaebakteria
-         Sel bersifat prokaryotik.
-         Lipida pada membran sel bercabang.
-         Tidak memiliki mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, dan lisosom.
-         Habitat di lingkungan bersuhu tinggi, bersalinitas tinggi, dan asam.
-         Berukuran 0,1 µm sampai 15 µm, dan beberapa ada yang berbentuk filamen dengan panjang 200 µm.
-         Dapat diwarnai dengan pewarnaan Gram.

Ciri Eubacteria
-         Bersel tunggal, prokariotik, tidak berklorofil.
-         Bersifat heterotrof.
-         Ukuran tubuh 1 - 5 mikron.
-         Reproduksi vegetatif dengan membelah diri dan generatif dengan paraseksual.
-         Adaptasi terhadap lingkungan buruk membentuk endospora.

b.      Perkembangbiakan bakteri.
-         Reproduksi bakteri pada umumnya aseksual, yaitu dengan pembelahan biner dari satu bakteri membelah menjadi 2 dan seterusnya.
-         Reproduksi secara seksual tidak terjadi pada bakteri, tetapi terjadi pemindahan materi genetik dari satu bakteri ke bakteri lain tanpa menghasilkan zigot. Peristiwa ini disebut paraseksual.
1)      Transformasi, perpindahan sedikit materi genetik atau DNA bahkan hanya satu gen saja ke bakteri lain dengan proses fisiologis yang kompleks.
2)      Konjugasi, bergandengnya dua bakteri dengan membentuk jembatan untuk pemindahan materi genetik.
3)      Transduksi, pemindahan materi genetik dengan perantaraan virus.

c.       Peranan bakteri dalam kehidupan manusia.
Bakteri yang menguntungkan:
1)      Lactobacillus casei dan Lactobacillus bulgaricus, untuk membuat yoghurt.
2)      Acetobacter xylinum, untuk membuat nata de coco.
3)      Acetobacter sp, untuk membuat asam cuka.
4)      Streptococcus lactis, untuk membuat mentega.
5)      Lactobacillus sp untuk membuat terasi.

Bakteri yang merugikan:
1)      Clostridium tetani penyebab penyakit Tetanus.
2)      Diplococcus pneumoniae penyebab penyakit Pneumonia.
3)      Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit TBC.
4)      Mycobacterium leprae penyebab penyakit Lepra.

Cyanobakteria (Alga hijau-biru).

d.      Ciri-ciri Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
Ciri umumnya berupa prokariotik, klorofil tidak dalam kloroplas dan memiliki fikosianin.

e.      Reproduksi Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
Alga hijau-biru dapat bereproduksi dengan pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan spora.

f.        Peranan Cyanobakteria (Alga hijau-biru).
Alga hijau-biru yang menguntungkan:
1)      Pengikat nitrogen bebas
2)      Sebagai bahan makanan

Alga hijau-biru yang merugikan:
1)      Beberapa alga hijau-biru yang hidup di air ada yang mengeluarkan racun.
2)      Dapat tumbuh di tembok dan batu sehingga tembok dan batu lapuk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar