Welcome to my blog

Senin, 01 Oktober 2012

RPP BIOLOGI SMA : KINGDOM PROTISTA


RPP BIOLOGI SMA : KINGDOM PROTISTA
Pertemuan I (Siklus 1)

Sekolah                       :
Kelas/Semester           : X/1
Mata Pelajaran          : Biologi
Waktu                         : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi   : 2.    Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk
                                               hidup
Kompetensi Dasar      : 2.3  Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom
                                               Protista dan peranannya bagi kehidupan
Indikator
Kognitif:
a.    Produk
1.    Menjelaskan dasar pengelompokan organisme protista  mirip hewan, mirip tumbuhan dan mirip jamur.
2.    Mendeskripsikan ciri-ciri umum filum dalam  kelompok Protista mirip Hewan (Protozoa).
3.    Menyebutkan 3 contoh spesies dari masing-masing filum tersebut.
4.    Menyebutkan 4  peranan kelompok Protista mirip hewan (Protozoa) bagi kehidupan.
b.   Proses :
5.    Melengkapi LKS dengan melakukan studi pustaka mengenai ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan.
c.    Psikomotor :
6.    Terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka, diskusi kelompok dan presentasi mengenai ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan.

Afektif:
a.      Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: jujur dalam mengenai apabila guru bertanya apakah sudah di pahami materinya kalau belum harus mengatakan belum, peduli apabila ada teman yang meminta penjelasan tentang materi yang belum dimengerti, bertanggung jawab atas tugas yang diberiakan guru maupun dalam kelompok, bekerja sama dalam menjawab soal yang sulit, terbuka dan dan mendengar pendapat teman pada saat diskusi kelompok maupun diskusi kelas.
b.      Keterampilan Sosial
Menunjukkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya dengan sopan kepada guru maupun teman apabila ada materi yang belum di mengerti, menyumbangkan ide pada saat guru maupun teman meminta ide, komunikasi yang santun terhadap guru maupun teman pada saat bertanya maupun berdiskusi , menjadi pendengar yang baik pada saat guru memberikan pengarahan atau materi maupun teman pada saat teman memberikan ide dan diskusi dalam kelompok, dan tidak mencela pendapat teman pada saat teman memberikan ide atau  jawaban, yang lain sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
A.      Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
a.    Produk
  Setelah proses pembelajaran selesai, diharapkan siswa akan dapat memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Menjelaskan ciri-ciri 3 umum kingdom Protista.
2.      Menjelaskan dasar pengelompokkan organisme protista mirip hewan , mirip tumbuhan dan mirip jamur.
3.      Menjelaskan ciri-ciri 3 umum filum dalam kelompok Protista mirip Hewan (Protozoa).
4.      Menjelaskan reproduksi filum dalam kelompok Protista mirip Hewan (Protozoa).
5.      Menyebutkan 3 contoh spesies dari masing-masing filum dalam kelompok Protista mirip Hewan (Protozoa).
6.      Menyebutkan 4  peranan kelompok Protista mirip hewan (Protozoa) bagi kehidupan.
7.      Menjelaskan perbedaan antara filum yang satu dengan yang lainnya
b.   Proses :
8.      Diberikan LKS Biologi SMA, Siswa diharapkan dapat menjelaskan   ciri-ciri umum, contoh spesies dan peranan bagi kehidupan dari masing-masing filum dalam kingdom Protista berdasarkan studi pustaka.
c.    Psikomotor :
9.      Siswa diharapkan dapat terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka, diskusi kelompok dan presentasi mengenai ciri umum, contoh spesies dan peranan bagi kehidupan dari masing-masing filum dalam kingdom  Protista pada saat mengerjakan LKS Biologi SMA dan diskusi kelompok.
Afektif
a.         Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: jujur dalam mengenai apabila guru bertanya apakah sudah di pahami materinya kalau belum harus mengatakan belum, peduli apabila ada teman yang meminta penjelasan tentang materi yang belum dimengerti, bertanggung jawab atas tugas yang diberiakan guru maupun dalam kelompok, bekerja sama dalam menjawab soal yang sulit, terbuka dan dan mendengar pendapat teman pada saat diskusi kelompok maupun diskusi kelas.
b.        Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: bertanya dengan sopan kepada guru maupun teman apabila ada materi yang belum di mengerti, menyumbangkan ide pada saat guru maupun teman meminta ide, komunikasi yang santun terhadap guru maupun teman pada saat bertanya maupun berdiskusi , menjadi pendengar yang baik pada saat guru memberikan pengarahan atau materi maupun teman pada saat teman memberikan ide dan diskusi dalam kelompok, dan tidak mencela pendapat teman pada saat teman memberikan ide atau  jawaban, yang lain sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
B.       Model dan Media Pembelajaran:
1.    Model    : Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement
                     Division)
2.    Metode  : Penyampaian informasi, Tanya jawab, Penugasan, Diskusi  
                kelompok, dan Presentasi kelompok.
3.    Media    : Slide power point, LP, LKS, Leptop, dan LCD.


C.    Langkah-Langkah Pembelajaran


Pembukaan (± 10 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
fase
waktu
Guru mengingatkan materi sebelumnya mengenai materi bakteri  dengan bertanya “bakteri itu apa?” “dimana kita dapat jumpai bakteri?” “apa ciri-ciri bakteri?”. Kemudian memotivasi siswa dengan  bertanya “Apakah kalian pernah mendengar tentang penyakit malaria?” “apa penyebab penyakit malaria tersebut?”.

Pada proses tersebut, siswa diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun, menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain. Tanya jawab bertujuan untuk mengarahkan siswa pada tujuan pembelajaran yang meliputi: kognitif, psikomotor, dan afektif. Guru mengakhirinya dan mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Apersepsi dan motivasi)




Fase 1




10 menit

 Inti (± 75 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
fase
waktu
Guru menyampaikan materi dengan bantuan media slide power point mengenai ciri-ciri protista, pengelompokan protista, reproduksi protista mirip hewan dan peranan protista bagi manusia.

Mengorganisasikan siswa dalam 5 kelompok kooperatif. Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok. Guru membagikan LKS SMA kegiatan 1 pada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS SMA. 

Guru kemudian membimbing siswa dalam mengerjakan LKS SMA. Diharapkan pada saat kerja  kelompok, setiap anggota dapat memberikan sumbangan ide pada  anggota  kelompok lainnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai  pendapat  temannya,  berbagi  kesempatan, mendengarkan  pendapat  teman.

Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya.

Guru memberikan penghargaan kepada tiap kelompok yang berkinerja baik dan sangat baik dalam kegiatan yang telah dilakukan
Fase 2



Fase 3



Fase 4



Fase 5

Fase 6






75 menit

Penutup (± 5 menit)
Kegiatan
Fase dan waktu
fase
waktu
Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang protista mirip hewan

Memberikan tugas rumah berupa mempelajari materi untuk pertemuan berikutnya.

Fase 7

 5 menit
D.    Sumber Pembelajaran
1.      Buku siswa: Mohamad Amin, 2009, Biologi SMA/MA kelas X. Jakarta: Bumi Aksara (bailmu).
2.      LKS siswa: pemerintah kota Makassar. Dinas pendidikan kota Makassar. MGMP.
E.     Penilaian
1.      Laporan hasil Pengamatan alga
2.      Uji kompetensi tertulis
F.     Materi Esensial
Kingdom Protista merupakan materi biologi, yang cukup rumit mengenai makhluk hidup yang bersifat hewan dan tumbuhan atau jamur. Dalam materi Kingdom Protista, dipelajari mengenai ciri-ciri dan peranan dari setiap filum yang terdapat dalam kingdom Protista. Kingdom Protista dikelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu, Protista mirip Hewan (Protozoa), Protista mirip Tumbuhan (Algae/Ganggang), dan Protista mirip Jamur (Jamur Lendir). Dari ketiga kelompok tersebut, masing-masing kelompok memiliki beberapa filum. Berikut akan di uraikan secara singkat mengenai filum-filum dari masing-masing kelompok dalam Kingdom Protista :
Ø Protista mirip Hewan (Protozoa)
Pengelompokan dalam kelompok ini berdasarkan alat geraknya, yaitu :
o  Filum Rhizopoda (Sarcodina)
Ciri utama rhizopoda adalah alat gerak berupa pseudopodia atau kaki semu. Misalnya : Amoeba proteus
o  Filum Flagelata (Mastigophora)
Ciri utama flagelata adalah memiliki alat gerak berupa flagella atau bulu cambuk. Misalnya : Euglena viridis
o  Filum Ciliata (infusoria)
Ciri khas anggota dalam filum ciliate adalah memiliki alat gerak berupa Cilia  atau  rambut getar. Misalnya : Paramecium caudatum
o  Filum Sporozoa (spora: benih, zoon : hewan)
Semua anggota filum Sporozoa tidak memiliki alat gerak dan bersifat parasit, . Misalnya : Plasmodim vivax (penyebab penyakit malaria)
v Peranan Protozoa
Menguntungkan :
·      Mengontrol  jumlah bakteri di alam karena predator bakteri
·      Merupakan sumber makanan bagi hewan air
·      Foraminifera/Globigerina, cangkangnya sebagai petunjuk adanya minyak bumi, gas alam dan mineral
·      Radiolaria, kerangkanya yang mengendap di dasar laut dapat digunakan sebagai bahan penggosok
Merugikan :
·         Enthamoeba histolyca, Enthamoeba disentriae, penyebab disentri
·         Trypanasoma brucei, penyakit tidur di Afrika
·         Leishmania, penyebab penyakit lesmaniasis yang menyerang pembuluh darah
·         Trichomonas vaginalis, penyebab penyakit keputihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar