RPP BIOLOGI SMA : KINGDOM PROTISTA
Pertemuan
I (Siklus 1)
Sekolah :
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Biologi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2.
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3
Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom
Protista dan peranannya bagi kehidupan
Indikator
Kognitif:
a.
Produk
1.
Menjelaskan dasar pengelompokan
organisme protista
mirip hewan, mirip tumbuhan dan mirip jamur.
2.
Mendeskripsikan
ciri-ciri umum filum dalam kelompok
Protista mirip Hewan (Protozoa).
3.
Menyebutkan
3 contoh spesies dari masing-masing filum tersebut.
4.
Menyebutkan
4 peranan kelompok Protista mirip hewan
(Protozoa) bagi kehidupan.
b. Proses
:
5. Melengkapi LKS dengan melakukan studi pustaka mengenai
ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan.
c.
Psikomotor :
6. Terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka, diskusi kelompok
dan presentasi mengenai ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan
peranannya bagi kehidupan.
Afektif:
a.
Karakter
Menunjukkan
perilaku berkarakter, meliputi: jujur dalam mengenai apabila guru bertanya
apakah sudah di pahami materinya kalau belum harus mengatakan belum, peduli
apabila ada teman yang meminta penjelasan tentang materi yang belum dimengerti,
bertanggung jawab atas tugas yang diberiakan guru maupun dalam kelompok,
bekerja sama dalam menjawab soal yang sulit, terbuka dan dan mendengar pendapat
teman pada saat diskusi kelompok maupun diskusi kelas.
b.
Keterampilan Sosial
Menunjukkan
keterampilan
sosial, meliputi: bertanya dengan sopan kepada guru maupun teman apabila ada
materi yang belum di mengerti, menyumbangkan ide pada saat guru maupun teman
meminta ide, komunikasi yang santun terhadap guru maupun teman pada saat
bertanya maupun berdiskusi , menjadi pendengar yang baik pada saat guru
memberikan pengarahan atau materi maupun teman pada saat teman memberikan ide
dan diskusi dalam kelompok, dan tidak mencela pendapat teman pada saat teman
memberikan ide atau jawaban, yang lain
sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
A.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
a. Produk
Setelah proses pembelajaran selesai, diharapkan siswa akan dapat memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.
Menjelaskan
ciri-ciri 3
umum kingdom Protista.
2.
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip hewan , mirip tumbuhan dan
mirip jamur.
3.
Menjelaskan
ciri-ciri 3
umum filum dalam kelompok Protista mirip Hewan (Protozoa).
4.
Menjelaskan
reproduksi filum dalam kelompok Protista mirip Hewan (Protozoa).
5.
Menyebutkan
3 contoh spesies dari masing-masing filum dalam kelompok Protista mirip Hewan
(Protozoa).
6.
Menyebutkan
4 peranan kelompok Protista mirip hewan
(Protozoa) bagi kehidupan.
7.
Menjelaskan perbedaan antara filum
yang satu dengan yang lainnya
b. Proses
:
8. Diberikan LKS Biologi SMA, Siswa diharapkan
dapat menjelaskan ciri-ciri umum,
contoh spesies dan peranan bagi kehidupan dari masing-masing filum dalam
kingdom Protista berdasarkan studi pustaka.
c.
Psikomotor :
9. Siswa diharapkan dapat terampil dan teliti dalam penelusuran pustaka, diskusi kelompok
dan presentasi mengenai ciri umum, contoh spesies dan peranan bagi kehidupan
dari masing-masing filum dalam kingdom
Protista pada saat mengerjakan LKS Biologi SMA dan diskusi kelompok.
Afektif
a.
Karakter:
Selama
proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku
berkarakter, meliputi: jujur dalam mengenai apabila guru bertanya apakah sudah
di pahami materinya kalau belum harus mengatakan belum, peduli apabila ada
teman yang meminta penjelasan tentang materi yang belum dimengerti, bertanggung
jawab atas tugas yang diberiakan guru maupun dalam kelompok, bekerja sama dalam
menjawab soal yang sulit, terbuka dan dan mendengar pendapat teman pada saat
diskusi kelompok maupun diskusi kelas.
b.
Keterampilan Sosial
Selama
proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam
keterampilan sosial, meliputi: bertanya dengan sopan kepada guru maupun teman
apabila ada materi yang belum di mengerti, menyumbangkan ide pada saat guru
maupun teman meminta ide, komunikasi yang santun terhadap guru maupun teman
pada saat bertanya maupun berdiskusi , menjadi pendengar yang baik pada saat
guru memberikan pengarahan atau materi maupun teman pada saat teman memberikan
ide dan diskusi dalam kelompok, dan tidak mencela pendapat teman pada saat
teman memberikan ide atau jawaban, yang
lain sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
B.
Model dan Media Pembelajaran:
1.
Model : Pembelajaran Kooperatif tipe
STAD (Student Team Achievement
Division)
2.
Metode : Penyampaian informasi, Tanya
jawab, Penugasan, Diskusi
kelompok, dan Presentasi
kelompok.
3.
Media : Slide power point, LP, LKS, Leptop, dan LCD.
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pembukaan
(± 10 menit)
Kegiatan
|
Fase
dan waktu
|
|
fase
|
waktu
|
|
Guru mengingatkan materi
sebelumnya mengenai materi bakteri dengan bertanya “bakteri
itu apa?” “dimana kita dapat jumpai bakteri?” “apa ciri-ciri bakteri?”. Kemudian memotivasi
siswa dengan bertanya “Apakah kalian pernah
mendengar tentang penyakit malaria?” “apa penyebab penyakit malaria
tersebut?”.
Pada proses tersebut,
siswa diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun,
menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain. Tanya jawab bertujuan
untuk mengarahkan siswa pada tujuan pembelajaran yang meliputi: kognitif,
psikomotor, dan afektif. Guru mengakhirinya dan mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai. (Apersepsi
dan motivasi)
|
Fase 1
|
10 menit
|
Inti (± 75 menit)
Kegiatan
|
Fase dan waktu
|
|
fase
|
waktu
|
|
Guru menyampaikan materi dengan bantuan media slide power
point mengenai ciri-ciri protista, pengelompokan protista, reproduksi protista
mirip hewan dan peranan protista bagi manusia.
Mengorganisasikan siswa dalam 5 kelompok kooperatif.
Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok. Guru membagikan LKS SMA kegiatan
1 pada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS, guru
membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan
dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS SMA.
Guru kemudian membimbing siswa dalam mengerjakan LKS SMA.
Diharapkan pada saat kerja kelompok, setiap
anggota dapat memberikan sumbangan ide pada
anggota kelompok lainnya,
bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai pendapat
temannya, berbagi kesempatan, mendengarkan pendapat
teman.
Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan
tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya.
Guru memberikan penghargaan kepada tiap kelompok yang
berkinerja baik dan sangat baik dalam kegiatan yang telah dilakukan
|
Fase 2
Fase 3
Fase 4
Fase 5
Fase 6
|
75 menit
|
Penutup (± 5 menit)
Kegiatan
|
Fase
dan waktu
|
|
fase
|
waktu
|
|
Membimbing siswa untuk
membuat kesimpulan tentang protista mirip hewan
Memberikan tugas rumah
berupa mempelajari materi untuk
pertemuan berikutnya.
|
Fase 7
|
5 menit
|
D.
Sumber Pembelajaran
1.
Buku siswa: Mohamad Amin, 2009, Biologi SMA/MA kelas
X. Jakarta: Bumi Aksara (bailmu).
2.
LKS siswa: pemerintah kota Makassar. Dinas pendidikan
kota Makassar. MGMP.
E.
Penilaian
1.
Laporan hasil Pengamatan alga
2.
Uji kompetensi tertulis
F.
Materi Esensial
Kingdom
Protista merupakan materi biologi, yang cukup rumit mengenai makhluk hidup yang bersifat
hewan dan tumbuhan atau jamur. Dalam materi Kingdom Protista, dipelajari
mengenai ciri-ciri dan peranan dari setiap filum yang terdapat dalam kingdom Protista.
Kingdom Protista dikelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu, Protista mirip Hewan (Protozoa), Protista mirip Tumbuhan (Algae/Ganggang),
dan Protista mirip Jamur (Jamur Lendir).
Dari ketiga kelompok tersebut, masing-masing kelompok memiliki beberapa filum.
Berikut akan di uraikan secara singkat mengenai filum-filum dari masing-masing
kelompok dalam Kingdom Protista :
Ø
Protista
mirip Hewan (Protozoa)
Pengelompokan
dalam kelompok ini berdasarkan alat geraknya, yaitu :
o Filum Rhizopoda (Sarcodina)
Ciri utama rhizopoda adalah alat gerak berupa pseudopodia atau kaki semu.
Misalnya : Amoeba proteus
o Filum Flagelata
(Mastigophora)
Ciri utama flagelata adalah memiliki alat gerak berupa flagella atau bulu cambuk. Misalnya : Euglena
viridis
o Filum Ciliata (infusoria)
Ciri khas anggota dalam filum ciliate adalah memiliki alat
gerak berupa Cilia atau rambut getar. Misalnya : Paramecium caudatum
o Filum Sporozoa (spora: benih,
zoon : hewan)
Semua anggota filum Sporozoa tidak memiliki alat gerak dan bersifat
parasit, . Misalnya : Plasmodim vivax (penyebab
penyakit malaria)
v Peranan Protozoa
Menguntungkan :
·
Mengontrol
jumlah bakteri di alam karena predator
bakteri
·
Merupakan
sumber makanan bagi hewan air
·
Foraminifera/Globigerina, cangkangnya sebagai
petunjuk adanya minyak bumi, gas alam dan mineral
·
Radiolaria, kerangkanya yang
mengendap di dasar laut dapat digunakan sebagai bahan penggosok
Merugikan :
·
Enthamoeba histolyca, Enthamoeba disentriae,
penyebab disentri
·
Trypanasoma brucei, penyakit tidur di
Afrika
·
Leishmania, penyebab penyakit lesmaniasis
yang menyerang pembuluh darah
·
Trichomonas vaginalis, penyebab penyakit
keputihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar